BERITA

Jun 6
MEMBANGUN TRANSPARANSI DAN KEPERCAYAAN PUBLIK MELALUI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)
Author : Sekretariat   |   Dilihat : 35

Peningkatan kualitas layanan informasi dan dokumentasi merupakan tugas dan kewajiban badan publik dalam rangka memberikan layanan informasi dan dokumentasi bagi publik agar dapat diakses secara mudah, cepat dan dapat dipertanggung jawabkan yang diharapkan mampu ditangkap oleh segenap stakeholder di Kabupaten/Kota dalam rangka pelaksanaan amanat peraturan perundangan terkait.

Instansi Pemerintah sebagai badan publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai ujung tombak dalam layanan bagi publik memiliki peran strategis dalam memberikan bentuk layanan secara utuh berkualitas dapat diakses secara cepat, mudah sehingga dapat dirasakan nilai manfaatnya bagi publik. Mensikapi hal tersebut perlu adanya upaya untuk mendorong terwujudnya PPID di wilayah atau di Kabupaten/Kota yang berkualitas dengan berbagai bentuk inovasi layanan dalam rangka peningkatan layanan informasi bagi publik.

Bakorwil I Di Madiun sebagai unsur Pemerintah Provinsi Jawa Timur di wilayah sesuai tugas pokok dan fungsinya telah melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap PPID Utama di Kabupaten/Kota se wilayah kerja Bakorwil I Di Madiun guna mendorong kepada PPID Kabupaten/Kota agar terjadi percepatan terwujudnya peningkatan kualitas layanan informasi dan dokumentasi bagi publik melalui tumbuhnya standar layanan serta bentuk inovasi layanan publik yang dapat diakses mudah, cepat dapat dan dipertanggungjawabkan.

Secara umum PPID Kabupaten/Kota se wilayah Bakorwil I Di Madiun telah menyediakan layanan baik langsung melalui desk layanan maupun secara tidak langsung yang dapat diakses melalui Portal PPID yang disediakan. Bahkan pada beberapa daerah telah mengembangkan sistem layanan PPID dengan layanan secara terintegrasi, sehingga kebutuhan informasi bagi publik dapat diakses secara cepat dan diarahkan secara tepat.

Sistem koordinasi dan komunikasi antar PPID Kabupaten/Kota se wilayah Bakorwil I Di Madiun sudah terbangun dengan baik yang dibuktikan dengan sikap proaktif PPID untuk saling memberikan informasi terkait inovasi layanan yang dikembangkan agar mampu menginspirasi PPID lainnya kearah peningkatan kualitas layanan PPID di wilayahnya masing – masing.