BERITA

Jun 5
SAKIP BAKORWIL DI EVALUASI
Author : Sekretariat   |   Dilihat : 92

Sebagai upaya perwujudan Good Governance dan pelaksanaan sistem manajemen reformasi pemerintahan khususnya di Jawa Timur, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara rutin melaksanakan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Termasuk Bakorwil I Madiun yang merupakan salah satu OPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak luput dari target evaluasi tersebut.

Pada hari Selasa tanggal 5 Juni 2018, Bakorwil I Madiun kedatangan Tim Evaluasi SAKIP Provinsi Jawa Timur yang akan melakukan evaluasi pelaksanaan SAKIP Tahun 2017 di Bakorwil I Madiun. Tim evaluasi diketuai oleh Kepala Subbag Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur Bapak SUWANDI, S.Sos, M.Si. dan beranggotakan dari 3 (tiga) elemen, yaitu Biro Organisasi, Bappeda Provinsi Jawa Timur dan Inspektorat Provinsi Jawa Timur.

Dalam kegiatan evaluasi SAKIP di Bakorwil I Madiun, selain dihadiri oleh Sekretaris Bakorwil I Madiun juga dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV yang ada di lingkungan Bakorwil I Madiun. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung dilapangan tentang perkembangan pelaksanaan SAKIP pada masing-masing OPD dilkingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai instansi pemerintah yang harus mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya yang ada serta pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban antara lain berupa Laporan Akuntabilitas yang disusun secara periodik sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang mana didalamnya menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian sitematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan SAKIP di Bakorwil I Madiun, baik Ketua maupun beberapa anggota Tim evaluasi menyampaikan bahwa secara umum Bakorwil I Madiun telah melaksanakan dengan baik ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) serta telah melaksanakan tindaklanjut rekomendasi atas hasil evaluasi tahun sebelumnya, sehingga dari evaluasi SAKIP Tahun 2017 ini diharapkan Bakorwil I Madiun akan mendapatkan peningkatan baik nilai maupun predikat penilaiannya.